Tips: Sinau Matematika

Matematika, pelajaran yang kebanyakan siswa tidak menyukainya. Alasannya: sulit, banyak rumus, dll. Padahal semua siswa isyaAlloh bisa, asalkan ada kemauan:

  1. Mau mendengarkan penjelasan guru di kelas. Dengarkan guru ketika menjelaskan suatu materi, jangan baca buku, ngerjakan soal, mainan HP/Laptop, apalagi ngrobrol sama temen. Selain agar bisa menyerap materi, adab yang baik kan mau mendengarkan orang yang lain yang sedang berbicara alias memberi penjelasan.
  2. Mau mengulang/memahami materi yang telah di bahas di kelas, setelah sampai di rumah,  dan mempersiapkan dengan membaca materi yang akan dipelajari berikutnya.
  3. Mau membaca dan memahami buku pelajaran, LKS, dan bahan ajar lainnya. Bahkan jangan puas hanya punya satu buku pegangan, buku yang satu dan buku yang lain saling melengkapi. Di toko tersedia berbagai macam buku matematika dari berbagai penerbit, Buku Sekolah Elektronik (BSE) juga banyak.
  4. Mau dan tidak malu untuk senantiasa bertanya kalau  memang tidak bisa, baik kepada guru atau teman sejawat. Kenyataannya siswa yang banyak bertanya cenderung mereka yang pandai dan  perlu juga diketahui banyak bertanya bukan berarti ia siswa yang tidak pandai. Jadi enjoy aja bertanya, ndak usah pake malu.
  5. Mau mengerjakan tugas, PR, ataupun soal latihan yang diberikan guru. Kalau kita patuh, insyaAlloh selain kita tambah bisa, Alloh juga akan memberikan balasan untuk kita bisa berupa kecerdasan dan yang lainnya. Minimal nilai tugasnya ndak kosong… ya kan?
  6. Mau memperbanyak latihan soal-soal, meskipun tidak ada perintah untuk mengerjakannya. Semakin banyak kita latihan, InsyaAlloh kita akan semakin mahir. Misalnya kita punya 2 buku soal-soal latihan, kerjakan semua hingga habis, setelah itu ulangi lagi dari awal. Kerjakan lagi soal yang sebelumya meskipun sudah bisa dan ketemu jawabannya. Demikian seterusnya, sehingga suatu saat kalau kita menjumpai soal, maka kita langsung paham langkah-langkah mengerjakannya. Apalagi untuk menghadapi UNAS/UN atau SNMPTN. (Pengalaman ikut UMPTN he.. he… he…)
  7. Mau menghapal rumus, misalnya dengan menuliskannya pada kertas kemudian ditempel ditempat yang sering dilihat/dilalui semisal di dinding, sering melihat maka semakin ingat (pengalaman adek dulu…). Atau direkam pake HP rumusnya lalu sering-sering aja diputar, sering denger maka semakin ingat (ada yang pernah nyoba kagak ya?).
  8. Mau memahami dan menguasai  konsepnya dalam  mempelajari/mengerjakan soal dan tidak semata-mata bergantung dengan  trik. Kalau ada trik yang bisa dipakai untuk menyelesaikan soal, maka itulah bonusnya. Karena ada trik yang hanya bisa dipakai untuk model soal-soal tertentu, bahkan pernah saya temui trik yang hanya bisa dipakai untuk satu soal yang sedang dibahas dan tidak bisa dipakai untuk soal yang lain meski model soal sama persis (penulis buku memaksakan diri untuk menyebutnya: trik ataupun cara cepat).
  9. Mau meninggalkan kebiasaan mencontek atau tanya teman pas ulangan/ujian. Anggaplah kita sedang ujian sendiri di tengah hutan dan di sekitar kita ada banyak harimau yang siap menerkam kalau kita bergerak sedikit saja. Dengan demikian kita akan bertambah semangat belajar dan tidak mengantungkan diri pada teman atau contekan, karena kalau sudah bergantung pada teman atau contekan, pasti ndak pernah belajar, kalaupun belajarpun asal-asalan, lantas kapan bisa jadi anak pitar? Nilai tinggi tapi plonga-plongo kan percum tak bergun. Dan yang pasti, dosa kita ndak jadi nambah kalau kerja jujur dan mandiri.
  10. Mau bekerja sama dengan teman untuk menyelesaikan permasalahan atau soal yang mungkin sulit. Dengan banyak berdiskusi udah tentu akan banyak menambah wawasan kita (diluar ujian lo…).
  11. Mau buka-buka internet. Di internet banyak sekali media pembelajaran yang mungkin sangat bermanfaat atau mungkin kebetulan membahas permasalahan yang sedang kita hadapi. Bisa berupa data PDF, Power Point, Flash, dll atau media online yang bisa langsung kita gunakan untuk belajar. Karena adakalanya lewat media pembelajaran IT kita lebih bisa paham daripada pas belajar di kelas.
  12. Mau berkorban sedikit kalau memang dibutuhkan, yaitu berkorban uang dan waktu untuk mengikuti Les alias BimBel di luar sekolah. Etung-etung bagi-bagi rejeki gitu…
  13. Mau berdoa, memohon kepada Alloh agar diberikan kecerdasan yang bermanfaat dan membawa berkah, bukan kecerdasan yang merusak dan membawa keburukan. Berdoa saat kegiatan pembelajaran, menjelang ujian, saat ujian, setelah ujian, kapan aja.
  14. Mau bersabar. Kalau semua upaya telah dilakukan akan tetapi tetep aja ndak bisa, maka bersabarlah… Mungkin kelebihan yang kita miliki pada bidang yang lain, setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  Semua ada hikmahnya, ndak usah pake stress segala lo ya… Ya siapa tahu setelah berusaha, berdoa dan bersabar, Alloh memberi kemudahan, milih jawabannya ngawur eh kok betul… Allohu a’lam…

Intinya terletak pada kata SERING dan BERULANG-ULANG, maka semuanya akan terbiasa dan menjadi mudah. Kita ambil contoh simpel, tetangga kita suka muter tape keras-keras, sukanya nyetel Iwak Peyek, mau ndak mau iwak peyeknya masuk telinga kita meskipun ndak kita sengaja dan ndak kita suka, setelah  sekian waktu  kita tentu akan hapal sebagian atau bahkan seluruh isi dari iwak peyek. Kalau kita menyengajanya, apalagi… udah pasti lekas hapal.

Tip di atas adalah  tip agar bisa matematika bukan tip memperoleh nilai yang bagus. Kalau pinter, insyaAlloh nilainya akan ngikut. Kalau tujuan sekolah hanya cari nilai bagus maka gampang alias mudah. Cari temen deket yang super cerdas, nyontek, bawa HP pas ujian untuk SMSan jawaban, jadi orang kaya, jadi anak pejabat, deket dengan  para pejabat, masuk sekolah favorit, dll. Namun perlu kita ingat, jika kita berjalan tidak pada rel yang sudah ditentukan, maka urusannya panjang, akan kita bawa mati dan kita pertanggung jawabkan kelak… Sekali lagi, buat apa nilai bagus tapi plonga-plongo, ndak paham? Percum tak bergun.

Uwis… yang mau nambah atau ngoreksi, monggo…

Iklan

Satu Tanggapan to “Tips: Sinau Matematika”

  1. Muhammad Arif Says:

    Subhanallah…Tipsnya luar biasa. Memotivasi untuk lebih banyak belajar lagi dan tidak gampang berputus asa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: